Pluralisme Gus Dur gagasan para Sufi
PLURALISME GUS DUR, GAGASAN PARA SUFI
Oleh: KH. Husein Muhammad
Gus Dur adalah Bapak Pluralisme, terserah jika ada orang yang tidak
suka atau berbeda pendapat dengan sebutan ini, termasuk para pecintanya
sendiri. Konon, Djohan Efendi, sahabat setia Gus Dur, pernah diminta Gus
Dur agar jika ia kelak wafat, nisannya ditulis “Di Sini Dikubur Sang
Pluralis”. Terlepas pesan itu benar diucapkan Gus Dur atau tidak, dan
tak peduli masyarakat memperdebatkan maknanya, tetapi beliau orang yang
selalu ingin memandang manusia, siapapun dia dan di manapun dia berada,
sebagai manusia yang adalah ciptaan Tuhan.
Sebagaimana Tuhan menghormatinya, Gus Dur juga ingin menghormatinya.
Sebagaimana Tuhan mengasihi makhlukNya, Gus Dur juga ingin mengasihinya.
“Takhallaq bi Akhlaq Allah” (berakhlaklah dengan akhlak Allah), kata
pepatah sufi. Sejauh yang saya tahu, Gus Dur tak banyak bicara soal
wacana Pluralisme berikut dalil-dalil teologisnya. Tetapi ia
mengamalkan, mempraktikkan dan memberi mereka contoh atasnya.
Pluralisme jauh lebih banyak dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari
Gus Dur dibanding diwacanakan. Kalaupun ia diminta dalil agama, ia akan
menyampaikan ayat al-Quran ini : “Wahai manusia, Aku ciptakan kalian
terdiri dari laki-laki dan perempuan. Dan Aku jadikan kalian
berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, agar kalian saling mengenal.
Sesungguhnya manusia yang paling mulia di antara kalian di mataKu, ialah
orang yang paling bertaqwa kepadaKu.”
“Li ta’arafu” (saling mengenal), tidak sekedar tahu nama, alamat
rumah, nomor handphone, atau tahu wajah dan tubuh yang lain. Saling
mengenal adalah memahami kebiasaan, tradisi, adat-istiadat, pikiran,
hasrat yang lain, yang berbeda, yang tak sama. Lebih dari segalanya “li
ta’arafu” berarti agar kalian saling menjadi arif bagi yang lain.
Yang paling mulia di hadapan Tuhan adalah yang paling taqwa, bukan
yang paling gagah atau cantik, bukan yang paling kaya atau rumah megah.
Taqwa bukan sekedar dan hanya berarti sering datang ke masjid atau
menghadiri secara rutin majlis ta’lim, membaca kitab suci, memutar-mutar
tasbih, bangun malam, atau puasa saban hari. Tetapi lebih dari itu
taqwa adalah mengendalikan amarah, hasrat-hasrat rendah, menjaga hati,
tidak melukai, tidak mengancam, ramah, sabar, rendah hati dan sejuta
makna kebaikan kepada yang lain dan kepada alam.
Dalam sejumlah kesempatan Gus Dur menyampaikan makna taqwa dengan menyitir ayat-ayat al-Quran ini:
لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ
وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ
الآخِرِ وَالْمَلائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ
عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ
السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى
الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا وَالصَّابِرِينَ
فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ أُوْلَئِكَ الَّذِينَ
صَدَقُوا وَأُوْلَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ
“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu
kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada
Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan
memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim,
orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan
orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya,
mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati
janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam
kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang
yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa”.(QS.
al-Baqarah ayat 177).
Semua itulah makna taqwa yang dipahami Gus Dur. Dari ayat al-Quran
ini Gus Dur sering mengatakan bahwa Islam itu terdiri dari 3 rukun
(pilar): Rukun Iman, Rukun Islam, dan Rukun Tetangga. Saya kira apa yang
dimaksud Gus Dur tentang rukun yang ke tiga ini adalah Rukun
Kemanusiaan. Gus Dur tentu bukan tidak tahu Rukun ini dalam konteks
tradisi Islam disebut Ihsan. Tetapi Ihsan dalam pengertiannya adalah
Kemanusiaan tadi.
Dengan itu, Gus Dur tampaknya ingin menggugah kesadaran kaum muslimin
agar tidak mengabaikan atau mereduksi rukun tersebut, sekaligus
mengingatkan bahwa ia menjadi tujuan dari agama dalam kehidupan manusia
di dunia. Maka Gus Dur, sering bicara tentang kejujuran,
keteguhan/kesabaran dalam berjuang, menghargai orang dan mengadvokasi
siapa saja yang menderita dan yang ditindas. Lebih dari itu, ia bukan
hanya sekedar menghargai atau menghormati manusia yang berbuat baik,
melainkan juga menyambutnya dengan rendah hati dan rengkuhan yang
hangat.
Sebaliknya, ia akan menentang siapa saja yang merendahkan martabat
manusia, apalagi menyakiti, mengurangi dan menghalangi hak-hak mereka.
Ia akan membela mereka yang martabat kemanusiaannya direndahkan, mereka
yang hak-haknya dikurangi, dipasung, disakiti dan ditelantarkan.
Ketika para pengikut Ahmadiah diusir dan masjid-masjid mereka
dirobohkan, Gus Dur hadir bersama mereka. Ketika Gereja-gereja dilempari
batu, ia berteriak “jangan”. Ketika Inul Daratisna dihujat ramai-ramai
karena dia bergoyang-goyang dan meliuk-liukkan tubuhnya bagai bor, ia
“memeluk”nya dengan hangat. Ketika Dorce disoraki karena berganti
kelamin, ia mengajaknya bicara dengan lembut dan penuh kasih. “Jika itu
adalah dirimu, teruslah bekerja”, katanya.
Ketika urusan gambar tubuh polos perempuan (pornografi) hendak
diserahkan kepada Negara, ia berdemonstrasi bersama isteri tercintanya;
Shinta Nuriah dan bersama-sama mereka yang menghargai kemanusiaan.
Ketika orang-orang Thionghoa meminta hari raya Imlek dan Barongsae, ia
memberikannya dengan tulus. Meski tak bisa melihat dengan matanya, ia
hadir menyaksikan tarian-tarian singa itu dan bertepuk tangan. Gus Dur
senang.
Seringkali kita melihat sikap perlawanan dan pembelaan itu
dilakukannya sendirian. Ia berjalan sendiri, meski ia harus
mempertaruhkan jiwanya. Ia tak peduli. Dalam perlawanannya terhadap
pembredelan tabloid Monitor dan pembelaannya terhadap Salman Rusydi
dalam kasus bukunya Satanic Verses, yang bikin heboh itu, misalnya, Gus
Dur tak menemukan mata lain yang penuh pengertian. Ia berjalan sendiri.
Seorang sufi mengatakan: “Ia yang jiwanya telah mencapai kesadaran
yang matang, bantuan eksternal tak lagi diperlukan”. Dan Gus Dur sanggup
menjalaninya seorang diri dengan tegar, karena ia telah matang. “La
Yakhaf Laumata Laa-im” (ia tak pernah takut pada mata yang membenci).
Kata Gus Dur; “Ditempatkan di urutan manapun, Muhammad bin Abdullah
tetap saja sang penghulu para nabi dan utusan Tuhan, Insan Kamil.”
Bagi Gus Dur semua manusia adalah sama, tak peduli dari mana asal
usulnya, apa jenis kelamin mereka, warna kulit mereka, suku mereka, ras
dan kebangsaan mereka. Yang Gus Dur lihat adalah bahwa mereka manusia
seperti dirinya dan yang lain. Yang ia lihat adalah niat baik dan
perbuatannya, seperti kata Nabi: “Tuhan tidak melihat tubuh dan wajahmu,
melainkan amal dan hatimu.”
Gus Dur bukan tidak paham bahwa ada yang keliru, ada yang tidak ia
setujui atau ada yang salah dari mereka yang dibelanya. Gus Dur tetap
saja nembela mereka. Ia membela karena tubuh mereka diserang dan dilukai
hanya karena baju agamanya yang berwarna lain, harta mereka dirampas
semaunya, ekspresi-ekspresi diri mereka dihentikan secara paksa oleh
negara atau direnggut dengan pedang oleh otoritas dominan dan kehormatan
mereka diinjak-injak. Padahal mereka tak melakukan apa-apa. Membela
kehormatan adalah perjuangan besar.
Bagi Gus Dur, ekspresi-ekspresi diri, personal, individual, yang
dianggap sebagian orang sebagai tak bermoral, tak boleh melibatkan
Negara, tak boleh diintervensi kekuasaan, tetapi harus diselesaikan
sendiri oleh masyarakat dengan cara-cara yang mereka miliki dan dengan
mengaji yang sungguh-sungguh, sampai khatam dan dengan ketulusan.
Bagi Gus Dur, keyakinan dan pikiran tak bisa dinamai tak bisa diberi
tanda. Pikiran adalah misteri yang tersembunyi. Ia bagaikan burung yang
terbang di langit lepas. Tuhanlah yang menganugerahkan pikiran-pikiran
pada hamba-hambaNya. Dialah Pemilik nafas setiap yang hidup dan Dialah
yang akan menanyainya kelak, bila tiba masanya. Karena itu, hanya Dialah
yang berhak menamainya dan menghakiminya, tidak yang lain.
Kata Rumi dalam Fihi Ma Fihi:
لَيْسَ فِى وُسْعِكَ إِبْعَادُ تِلْكَ الْفِكَرِ عَنْكَ وَلَوْ بِمِائَةِ اَلْفِ جُهْدٍ وَسَعْيٍ
“Tak ada kemampuanmu menjauhkan pikiran-pikiran itu meski dengan seratus ribu kali rekayasa berkeringat.”
فَالْفِكَرُ مَا دَامَتْ فِى الْبَاطِنِ تَكُونُ دُونَ إِسْمٍ وَدُونَ
عَلاَمَةٍ لاَ يُمْكِنُ الْحُكْمُ عَلَيْهَا بِكُفْرٍ وَلَا بِإِسْلاَمٍ
.
“Sepanjang pikiran-pikiran tersembunyi di dalam, maka ia tak bernama
dan tak bertanda. Ia tak mungkin dihukumi kafir atau islam.”
Begitulah sikap seorang yang telah memiliki batin yang bebas. Itulah
sifat seorang sufi, seorang bijak-bestari yang jiwanya mampu menembus
kedalaman makna kata-kata Tuhan. Kata-kataNya memiliki dan menyimpan
berjuta makna dan tak terbatas. Pemaksaan atas pikiran dan keyakinan
orang tak akan menghasilkan apa-apa, sia-sia, kecuali membuat orang dan
keluarganya menjadi sakit, menderita, dan menghambat kemajuan orang dan
peradaban manusia. Tak ada cara lain untuk menundukkan orang lain
kecuali melalui bicara manis, tanpa marah-marah dan dengan otak yang
cerdas. Jika tak tunduk, biarkan masing-masing berjalan sendiri-sendiri,
sambil katakan saja: “Anda adalah anda dan aku adalah aku. Wassalam.”
Tindakan dan sikap itu, menurut Gus Dur, sesungguhnya telah diajarkan
oleh Islam dan para Nabi sejak ribuan tahun lalu. Ia sering mengutip
sumber literature Islam klasik yang bicara mengenai hak-hak individu.
Salah satunya adalah al-Mustasyfa, karya Imam Abu Hamid al-Ghazali. Sufi
besar ini mengatakan bahwa tujuan aturan agama adalah memberikan
jaminan keselamatan keyakinan orang, keselamatan fisik, keselamatan
profesi, kehormatan tubuh dan pemilikan harta. Al-Ghazali menyebut lima
prinsip dasar perlindungan ini sebagai “al-Kulliyyat al-Khams”. Orang
sering menyebutnya “Maqashid asy-Syari’ah” (tujuan-tujuan pengaturan
kehidupan). Lima prinsip ini merupakan pemberian Tuhan pada setiap
manusia yang tak ada seorang manusiapun berhak mengurangi atau
menghilangkannya. Inilah basis fundamental (ar-Rukn al-Asasi)
pikiran-pikiran dan langkah-langkah Gus Dur.
Meskipun Gus Dur membaca dan mengerti, tetapi ia tidak mengutip
pandangan atau sumber dari Barat atau Yahudi, seperti dituduhkan
sebagian orang. Ia menggalinya dari sumber tradisi Islam sendiri, dan ia
mampu menginterpretasikan dengan cara-cara yang memukau dan genuine,
sejalan dengan konteks kehidupan yang selalu bergerak. Ia memang sangat
kaya dengan referensi tradisi Islam klasik ini berikut perangkat
analisisnya: bahasa, sastra, logika, filsafat sosial, dan metode-metode
keilmuan.
Melalui penjagaan atas lima prinsip dasar kemanusiaan universal
tersebut, Gus Dur memimpikan berkembang dan tersebarnya persaudaraan
manusia atas dasar kemanusiaan (Ukhuwwah Insaniyyah), tanpa dibatasi
sekat-sekat primordial. Ini menurut saya sesungguhnya merupakan gagasan
para sufi besar. Para sufi yang sejumlah namanya disebutkan di atas,
adalah orang-orang yang paling vocal menyuarakan gagasan pluralisme dan
persaudaraan universal itu. Tak ada keraguan sedikitpun di hati mereka
pada prinsip utama agama bahwa tidak ada di alam semesta ini kecuali
Tuhan Yang Satu yang ke hadapanNya seluruh yang maujud tunduk. Dan
seluruh yang maujud (ada) sejak ia ada sampai keberadaannya tercabut,
selalu dan terus mencari-cari Dia melalui jalan dan bahasa yang
berbeda-beda.
عِبَارَاتُنَا شَتَّى وَحُسْنُكَ وَاحِدٌ وَكُلٌّ اِلَى ذَاكَ الْجَمَالِ يُشِيْرُ
Bahasa kita begitu beragam
tetapi Engkaulah Satu-satunya yang Indah
Dan kita masing-masing menuju
kepada Keindahan Yang Satu itu
tetapi Engkaulah Satu-satunya yang Indah
Dan kita masing-masing menuju
kepada Keindahan Yang Satu itu
Maka kebhinekaan realitas alam semesta ini seharusnya tidak
menghalangi setiap manusia untuk memahami pikiran, bahasa dan
kehendak-kehendak manusia yang lainnya. Para sufi memandang alam semesta
yang beragam dan yang seluruhnya mengandung keindahan sebagai “tajalli”
Tuhan, perwujudan rahmat dan keagunganNya di alam semesta. Keberanekaan
berasal dari Tuhan. Dialah Sang Penciptanya.
Ibnu Athaillah, nama sufi besar yang dikagumi Gus Dur, banyak bicara
soal Kesatuan Semesta, meneruskan gagasan Ibnu Arabi. Ibnu Ajibah
mengomentari gagasan itu dalam syairnya yang indah:
أُنْظُرْ جَمَالِى شَاهِداً فِى كُلِّ إِنْسَان
اَلْمَاءُ يَجْرِى نَافِداً فِى أُسِّ الْاَغْصَان
تَجِدْهُ مَاءً وَاحِدًا وَالزَّهْرُ أَلْوَان
اَلْمَاءُ يَجْرِى نَافِداً فِى أُسِّ الْاَغْصَان
تَجِدْهُ مَاءً وَاحِدًا وَالزَّهْرُ أَلْوَان
Lihatlah KeindahanKu
Tampak pada semua manusia
Tampak pada semua manusia
Air mengalir,
menembus
pokok dahan dan ranting
menembus
pokok dahan dan ranting
Engkau mendapatinya
Berasal dari satu mata air
Padahal bunga berwarna-warni
Berasal dari satu mata air
Padahal bunga berwarna-warni
Nah, lagi-lagi di sini kita menemukan jalan yang ditempuh Gus Dur.
Gagasan-gagasan dan tindakan-tindakan pluralismenya ternyata berangkat
dari tradisinya sendiri. Ia tekun mengaji kitab-kitab klasik raksasa dan
primer sampai khatam. Sayang, kitab-kitab ini amat jarang dibaca orang
atau dibaca tetapi hanya sampai kulit luar, yang tertulis, yang literal,
harfiyah, dan tak khatam, tak selesai.
(Sumber: Majalah Cahaya Sufi)
Komentar
Posting Komentar